Suksesku dan Suksesmu

Meraih cita-cita adalah harapan setiap orang. Cita-cita membuat kita mempunyai goal atau tujuan hidup, sehingga kita berusaha mencapainya dengan bekerja keras. Sukses menurut satu orang berbeda dengan orang lainnya, hal ini karena tujuan hidup setiap orang berbeda, cara menyikapi suatu tujuan atau cita-cita setiap orang juga berbeda.
Nah menurutku nih, cara kita mengklarifikasikan diri kita sukses atau tidak, pertama harus tahu pengertian sukses itu apa. Jadi, apa itu sukses? Sukses menurut KBBI adalah berhasil, berjaya, berkembang. Berhasil apa? Berhasil menuju target yang sudah direncanakan sebelumnya.
Sukses dalam hidupku adalah berhasil belajar di pendidikan fisika suatu universitas negeri dengan beasiswa bidikmisi. Sungguh tak terbayangkan kesuksesan ini. Jika sebelumnya dikatakan bahwa sukses itu berhasil dalam meraih target, disini aku justru tidak mentarget masuk universitas negeri dengan beasiswa bidikmisi. Aku hanya coba-coba saja ikut seleksi, mengirimkan berkas persyaratan, dan mengikuti prosedur yang ditawarkan. Bukan cita-cita, namun ini adalah target yang kubuat dalam waktu singkat. Namun menurutku ini sudah kukategorikan dalam salah satu kesuksesanku. Bayangkan saja bersaing dengan seluruh mahasiswa baru di indonesia untuk mendapatkan beasiswa ini.
Alhamdulillah, syukur luar biasa ketika mendapat kabar bahwa aku lolos seleksi dan diterima sebagai mahasiswa bidikmisi.
Kesuksesan yang diraih tidak boleh dibarengi dengan rasa puas. Kepuasan membuat kita tidak memiliki target kedepan yang lebih besar lagi. Kusarankan sukses yang telah kalian raih, harus dilanjutkan dengan membuat target capaian yang lebih tinggi.
Jangan pernah mengukur kesuksesanmu dengan kesuksesan orang lain, karena target satu orang dengan orang lain sangatlah berbeda. Ada tipe seseorang mencatat target sukses dengan sederhana, namun mencapainya merupakan suatu kebahagiaan. Ada lagi tipe dimana sukses adalah mendapat pekerjaan yang menghasilkan gaji tinggi, dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya.
So, tolok ukur kesuksesan setiap orang itu sangatlah berbeda. Fokus pada targetmu, penuhi prosesnya agar mencapai kesuksesan. Satu hal yang membuat sama dari kesuksesan semua orang adalah kebahagiaan. Sukses akan menuntunmu pada kebahagiaan. Kau pasti akan bahagia saat meraih kesuksesan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Balik Nama Kendaraan di Samsat Jepara

Menonton Serial Upin Ipin

Bukan Rencanaku tapi rencana-Nya⁣ ⁣