Menonton Serial Upin Ipin

Upin dan ipin inilah dia

Kembar seiras itu biasa

Upin dan ipin ragam aksinya

Kami senangi siapa jua

Upin dan ipin selamanya

Apa cuma aku yang baca sambil nyanyi? 😳

Si kembar identik bernama Upin dan Ipin yang bertempat tinggal di Kampung Durian Runtuh ini berhasil mendapat perhatian oleh warga Indonesia terutama seusia anak-anak. Cerita keseharian dua anak TK bersama teman-teman kelasnya itu dibungkus dengan rapi dan alami sehingga terasa nyata. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, Upin-Ipin kenapa TK mulu ya? 😂 yaa kalau aku sih bakal tak jawab "Daya tarik mereka di usia TK itu".

Tinggal bersama Opah (nenek) dan Kak Rose,  Upin-Ipin sudah menjadi yatim piatu sejak kecil. Keadaan ini sama sekali tidak membuat mereka kekurangan kasih sayang. Bukan tanpa alasan, disamping rumah mereka berdiri rumah Tuk Dalang (kakek) yang selalu mengajari sikembar ini layaknya bapak pada anaknya sendiri. Tetangga sekaligus teman-teman sekolah juga sering bermain dan belajar brsama mereka. Ada lagi Uncle Muhto yang sering memberi es ABCD gratis pada Upin-Ipin.

Mendidik dan nyata. Cerita kehidupan si kembar patut dijadikan tontonan wajib bagi anak-anak atau adik kamu nih. Disini banyak sekali pengetahuan yang bisa kita ambil. 

Upin-Ipin masih bersekolah di Taman Kanak-Kanan Tadika Mesra, dipimpin oleh kepala sekolah yang dipanggil Cik Gu Besar. Ada beberapa guru lain juga disana, salah satunya Cik Gu Jasmin. Cik gu jasmin merupakan guru dari upin-ipin dan kawan-kawan lain. Pintar, cerdas, sabar, adalah hal wajib yang harus dimiliki guru khususnya tingkat paling dasar ini. Dan itulah sifat dari Cik Gu Jasmin. Di kelas mereka, ada banyak kawan diantaranya ada jarjit singh keturunan India yang hobi berpantun, ada Mei-mei yang selalu percaya bahwa ia cantik asli berdarah china, Ismail bin mail paling hobi dan pandai berdagang, Ehsan entambayong alias anak manja, ada Fizi sahabat setia ehsan yang masih sering menangis, Susanti asli Jakarta Indonesia, masih ada Ijat, Zul, serta Devi. 

Mereka semua memiliki latar belakang keluarga dan adat budaya yang berbeda-beda. Islam, kristen, hindu, china, namun mereka tetap bermain bersama. Tak ada sedikitpun perbedaan ketika mereka bermain, tak ada perdebatan. Sungguh indah dan damai ketika perbedaan latar belakang tidak menjadi kriteria khusus dalam menjalin hubungan pertemanan. Para orangtua juga saling menghargai satu sama lain, tak ada perdebatan seputar kepercayaan masing-masing. Justru ada di beberapa episode, mengenalkan tentang budaya china dan india secara terpisah.  Begitu pula budaya muslim seperti puasa ramadhan, salat tarawih hingha idul fitri. Semua dikemas menjadi cerita apik sebagai contoh hidup rukun beragama. Sederhana, tapi ngena. 

Banyak sekali yang mau kubahas mengenai serial si kembar ini. Sampai bingung jadinya. Oke. Kita bahas mengenai yang terdekat dari mereka. Alias kehidupan keluarga upin-ipin. Ya, seperti yang disebutkan sebelumnya mereka cukup kurang beruntung karena tidak menerima kasih sayang orangtua sejak kecil. Mereka hanya bisa memandangi foto ayah dan ibu ketika merasa rindu. Beruntunglah kita yang bisa memandang orangtua hingga kita dewasa. Bisa menikmati kasih sayang orangtua dan bermanja-manja dengan orangtua. Alhamdulillah.

Opah dan Kak Rose, tak pernah membuat upin-ipin merasa keluarga mereka kurang kasih sayang. Opah berhati lembut, ke-ibu-an, pekerja keras, dan penyayang. Sedangkan Kak Rose memiliki watak agak keras dan menyebalkan, sering mengganggu adik-adik kembarnya. Namun justru itu cara ia menunjukkan betapa sayang dan cintanya kepada upin-ipin.

Kak Rose memang pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Patut dicontoh nih buat kakak-kakak di rumah. Terlihat jelas ketika kak rose menyiapkan sarapan upin-ipin, mengantar mereka ke sekolah, membereskan rumah, membuat jajanan yang di jual di warung Uncle Muhto. Waaw sosok kakak idaman ya. Pernah suatu episode menjelaskan kak rose berhasil menerbitkan komik karyanya sendiri. Kak rose yang menurutku keibuan itu, menurut upin-ipin adalah sosok kakak yang paling garang (galak). Bahkan teman-teman mereka juga takut pada kak rose. 😄 lucu sekali tingkah mereka. 

Di sekolah, cik gu Jasmin sering memberi tugas pada anak didiknya. Dan tugas-tugas ini lah yang membuatku kagum. Kagum terhadap respon para siswa usia TK ini. 

Cita-cita

Tugas pertama yang ku anggap sangat inspiratif adalah ketika cik gu meminta anak-anak melukiskan cita-cita mereka. Awalnya mereka bingung apa itu cita-cita dan kenapa harus punya cita-cita. Namun cik gu jasmin menjelaskan dengan lembut dan jelas sampai mereka paham dan berkata "Oooh" 😁.

Sampai tiba di rumah, upin-ipin dan kawannya masing-masing memikirkan cita-cita mereka, sembari bermain kelereng bersama. Senja pun tiba, saatnya mereka pulang. Sewaktu makan malam bersama opah kak rose, si kembar menceritakan tugas mereka. Kak rose sedikit mengganggu. Sampai malam datang, mereka belum juga menemukan apa cita-cita mereka. Namun menjelang tidur akhirnya ketemu juga cita-citanya. 

Satu persatu siswa TK Tadika Mesra menceritakan cita-cita lewat gambar yang mereka buat. Luar biasa. Sifat polos mereka sangat menginspirasi. Anak seusia mereka bisa tahu dan mentransfernya dalam bentuk gambar. 

Fizi menggambarkan profesi cita-citanya adalah tukang sampah. Orang yang bekerja mengambil sampah penduduk. Saat itu alasannya adalah karena Fizi tidak suka kampungnya kotor.. Duhh pinter ini anak. Gemes. 

Jarjit. Jarjit menggambar hal yang kurang jelas, pada awalnya. Namun ia memperagakan profesi itu dengan apik. Wartawan. Itulah cita-cita Jarjit. Jaman sekarang, anak Indonesia jarang ada yg cita-citanya wartawan. Atau bahkan tidak ada. 😢

Mei-mei yang pintar menggambarkann cik gu disana. Ia ingin menjadi guru, sesuai dengan hobinya. Belajar. 

Ehsan, anak satu ini yg paling gemuk diantara teman-temannya. Sesuai dengan hobinya yaitu suka makan dan nyemil, ehsan menggambarkan profesi Koki pada kertasnya. Cerdas memang. 

Upin-ipin, nah ini cita-cita mereka yang ditunggu-tunggu. Teng teng teng. Mereka meggambarkan seorang astronot. Amazing. Dengan polosnya mereka berkata bahwa alasannya adalah ingin bermain main di luar angkasa. Main kelereng, katanya. 😂😁

Pandai Ekosistem

Ini dia kepandaian selanjutnya. Berawal dari tugas dari Cik Gu Jasmin yaitu membuat ekosistem di rumah, lalu di bawa ke sekolah esok hari. Dengan bantuan kak rose yang pandai, upin-ipin berhasil menciptakan ekosistem lengkap yang terdisi dari komponen biotik yaitu produsen, konsumen, dan pengurai, beserta komponen abiotiknya. Diletakkan dalam wadah berbahan plastik dan transparan, ekosistem yang lengkap itu mendapat pujian dari cik gu. Meskipun upin-ipin tidak begitu paham apa yg mereka bawa. Cik gu menjelaskan dengan sabar dan mudah dipahami, siswa-siswa menjadi semakin tertarik. 

Meimei membawa bunga matahari yg cantik beserta pot nya. 

Mail membawa jangkrik dalam toples yang tertutup rapat dan diberi air serta makanan. 

Ehsan membawa ulat daam toples yg sudah dilubangi dan tidak dilengkapi dengan makanan. 

Ya, ekosistem upin-ipin lah yang paling lengkap. 

Banyak sekali yang bisa kita ambil dari serial ini. Semoga membantu dalam penggambarannya. Ajak anak dan adikmu nonton ya. Jangan lupa tetap mendampingi anak di bawah umur dalam menonton tv. Agar penyampaian pesan oleh penulis cerita bisa tersampaikan dengan baik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Balik Nama Kendaraan di Samsat Jepara

Bukan Rencanaku tapi rencana-Nya⁣ ⁣