Cara Balik Nama Kendaraan di Samsat Jepara


Berbeda dengan postingan sebelumnya yang berisi pendapat tentang hidup dan keseharianku, kali ini aku akan membagikan pengalaman luar biasa mengurus proses balik nama kendaraan sepeda motor Beat kesayanganku. Singkat cerita, sepeda motor ini dibelikan Bapak saat aku berada di Semester 6 Bapak bilang biar aku ga susah dan ribet kalau mau praktek mengajar di sekolah. Sweet banget kan ya..
Kenapa kuanggap ini pengalaman luar biasa? Karena aku melakukannya sendiri. Segala skill tentang lobby dan bertanya akan dipertaruhkan ketika kita mengurus sesuatu di kantor umum sepesrti Samsat.
Tepatnya Senin, 17 Desember 2018 aku berangkat pagi sama seperti saat berangkat kerja. Yaitu 06.40 wib aku melincur menuju Samsat Jepara. Pelan tapi pasti, akhirnya Beat ku berhasil membawaku tiba pukul 07.15 di tempat parkir Samsat. Keadaan disana masih sepi, terlihat beberapa petugas sedang bersiap untuk melakukan semacam upacara atau apel. Aku langsung bergerak menuju parkiran dan bertanya kepada Bapak Satpam.
“Pak, saya mau perpanjang STNK tapi gak pakai KTP pemilik pertama, bisa?”
Ya, memang Beat ku dibeli Bapak bukan dari dealer, bukan kondisi baru, tapi milik teman Bapak yang kondisinya masih bagus.
“Wah, gak bisa mba. Harus pakai KTP asli.” Jawab Bapak satpam itu.
“Kalau balik nama, gimana Pak?”
“kalau balik nama kan gak usah pakai KTP asli pemilik pertama mba, hanya pakai KTP pemilik baru” balas Bapak Parkir.
“Oh, saya balik nama saja berarti Pak. Persyaratannya apa saja ya Pak?”
“KTP, BPKB, sama STNK mba. Lalu, ini motor yang mau dibalik nama kan mba?” sambil menunjuk Beat yang tepat berada di sampingku.
“Iya Pak. Buka pelayanannya jam berapa ya Pak?”
“Jam delapan mba. Ditunggu saja diruang sana” menunjuk sebuah ruang yang kubaca ada tulisan ruang merokok.
“terimakasih Pak.”
Perlahan kutinggalkan tempat parkir menuju ruang yang ditunjuk Bapak tadi. Namun karena masih sepi dan tak ada orang, aku menuju kantin sembari menunggu jam 8. Sebelum kesini, aku menyempatkan membaca informasi mengenai dokumen yang harus dipersiapkan dan apa saja yang harus kulakukan. Agar di Samsat tidak seperti orang kebingungan. Namun aku masih agak bingung. Karena tidak sesuai dengan ekspektasi. Jadi tulisan ini akan berusaha saya buat se nyata mungkin agar sesuai dengan kondisi di Samsat.

Yang harus kamu lakukan sebelum berangkat ke Samsat adalah:
  1. Mengetahui tujuan kamu. Apakah mau balik nama, perpanjang STNK, atau ganti plat nomor. Karena ini mempengaruhi jumlah uang yang harus kamu bawa. Gak lucu kan, kalau sudah sampai loket pembayaran, uang kamu justru kurang setelah mengantri lama.
  2. Membaca informasi mengenai prosedur dan persyaratan di internet. Ini sangat penting. Persyaratan yang umum untuk ketiga tujuan yang kusebutkan di atas adalah KTP asli, BPKB asli, STNK asli. Untuk balik nama, perlu kwitansi tanda pembelian disertai materai 6000.
  3. Haruskah membawa persyaratan fotokopi dari rumah. Menurutku tidak usah. Kemarin aku sudah membawa fotokopian lengkap, tapi akhirnya tidak kugunakan. Karena kurang rapi. Di bawah nanti akan kuceritakan penuh prosedurnya. Cukup bawa dokumen asli. 
  4. Membawa bolpoin. Memang disana disediakan bolpoin, tapi alangkah praktisnya ketika kamu mebawa sendiri, karena bolpoin disana hanya beberapa dan sebagian itu macet. Jadi agak menghambat kamu dalam mengisi data, efeknya bisa mendapat antrian belakang. Semakin lama kamu menulis, semakin lama kamu mengumpulkan data itu, dan semakin banyak antriannya.
  5. Membawa uang sesuai tujuan. Sedikit informasi. Berdasarkan pengalaman, berikut rincian biaya saat saya mengurus proses balik nama.
Di Samsat

Biaya Parkir di Samsat
Rp    2.000
Biaya fotokopi syarat dan beli kwitansi bermaterai (Di Samsat)
Rp  10.000
Menuju Polres

Biaya parker di Polres
Rp     2.000
FC berkas syarat di Polres
Rp     2.000
Beli Stopmap pengajuan BPKB
Rp     3.000
Baiya pembaruan BPKB
Rp 225.000
Kembali ke Samsat

Parkir Samsat
Rp     2.000
Biaya pembaruan STNK dan plat nomor kendaraan
Rp 470.000
Total
Rp 716.000

Sedikit keterangan, biaya 470 ribu itu bergantung jenis motor kamu. Motorku adalah Beat putih keluaran 2013.

      6. Pastikan bahan bakar motor terisi penuh
      7. Persiapkan motor yang akan dieksekusi

Nahh ini dia prosedur Balik nama di Samsat Jepara
  1. Berangkatlah pagi. Pastikan setengah 8 sudah sampai di kantor Samsat. Letakkan motor di tempat parkir terlebih dahulu, karena biar terkondisikan sama bapak parkir.
  2. Tinggalkan motormu, dan segeralah menuju tempat fotokopi yang terletak di belakang. Di antara kantin dan tempat uji cek fisik. Bilang kepada ibu fotokopi bahwa kamu mau balik nama. Serahkan BPKB, STNK dan KTP mu asli untuk difotokopi. Nanti kamu akan diberi kwitansi yang sudah ditempel materai. Kamu tinggal menulis di kwitansi tersebut sesuai contoh yang tertempel di kaca tempat fotokopi itu. Seluruh berkas akan di staples. Jangan lupa membayar biayanya.
  3. Next. Menuju ruang pendaftaran. Ruang pendaftaran terdapat disebelah tempat cek fisik. Terdapat tulisan Ruang Merokok dari depan. Jika dari tempat fotokopi, ada diseberangnya pas. Langsung masuk saja dan duduk. Jangan menunggu sampai ada petugas, baru kamu masuk. Kamu yang harus menunggu petugas . jika sudah ada petugas, langsung serahkan dokumen yang kamu fotokopi beserta dokumen asli pada loket pendaftaran.
  4. Tunggu sampai namamu disebut
  5. Ketika namanu disebut, kamu akan mendapatkan selembar stiker yang akan digunakan untuk cek fisik. Kamu akan diinstruksikan oleh petugas untuk melakukan cek fisik dahulu.
  6. Ketika cek fisik, kamu harus mengambil kendaraanmu dari tempat parkiran menuju tempat cek fisik. Letakkan kendaraan di depan jika depan masih kosong. Kamu akan diminta “njagang loro” motormu. Jika kamu seorang wanita dan tidak bisa melakukannya, jangan khawatir. Kamu tinggal minta tolong sama sesama pengantri cek fisik. Minta tolonglah pada Bapak-bapak yang baik.
  7. Ketika petugas sudah mendekati motormu, serahkan stiker yang diberikan dari loket pendaftaran. Nanti akan digesek di motormu.
  8. Setelah selesai cek fisik, kembalikan motor ke tempat parkir dan kamu juga harus kembali ke loket pendaftaran menyerahkan stiker dari cek fisik. Lalu tunggu sampai namamu disebut.
  9. Setelah namamu disebut, berkasmu akan diserahkan kembali dan kamu diminta menuju polres untuk penggantian BPKB.
  10. Wushhhhh meluncur menuju Polres Jepara.
  11. Langsung menuju tempat BPKB, letakknya di belakang. Di samping tempat mengurus SIM. Tenang saja, disana banyak bapak polisi muda-muda yang bisa ditanyai kok. Ada peta nya juga. Di tempat BPKB ini tidak banyak yang mengantri
  12. Di tempat BPKB, kamu akan diminta membeli stopmap dan fotokopi berkas tadi.
  13. Jika kamu percaya pada tulisanku ini, mending setelah sampai polres kamu langsung menuju koperasi untuk membeli stopmap pengajuan BPKB, warnanya hijau. Sekaligus fotokopi berkas yg kamu bawa dari Samsat tadi. Bapak fotokopinya udah paham kok.
  14. Kalau sudah, langsung menuju kantor BPKB lagi. Kumpulkan semua berkas ke dalam stopmap. Kamu akan diberi sebuah kertas yag harus diisi sesuai BPKB dan STNK. Kumpulkan berkas, lalu keluarkan sejumlah uang untuk biaya penggantian BPKB sejumlah 225 ribu.
  15. Jika sudah, langsung menuju samsat lagi. Serahkan berkas dari Polres kepada petugas di balai informasi. Letaknya di depan polll.
  16. Kamu akan diberi sebuah kertas, entah apa. Lalu diinstruksikan untuk menuju loket 1. Kumpulkan berkas di loket 1. Tunggu sampai namamu dipanggil.
  17. Setelah dipanggil, kamu akan diberi kertas dan diminta mengisinya lagi. Nahh disini bolpoin berperan penting. Segerlah mengisi dan kumpulkan kembali ke loket. Dan tunggu lagi sampai namamu dipanggil.
  18. Panggilan ke dua ini kamu akan mendapat nomor antrian. Berpindahlan tempat menuju loket sebelahnya. Fokus dann perhatikan nomor antrian yang dipanggil, karena suaranya sangat minimalis.
  19. Panggilan pertama, kamu akan diminta melunasi biaya STNK dan plat nomor. Lalu duduk lagi. Setelah lunas, kamu akan dipanggil lagi untuk menerima STNK yang sudah menjadi atas namamu dan plat nomor yang sudah bertambah 5 tahun..
  20. Proses selesai, kamu bisa bernafas lega
  21. Selanjutnya saatnya untuk pulang dan makan.

Oh iya just info. Samsat membuka pelayanannya dengan maksimal itu hari senin sampai kamis selain akhir bulan. Usahakan jangan datang di hari jumat apalagi di akhir bulan. Karena hanya buka pelayanan setengah hari. Semoga sukses.. Sendirian bukan hambatan. Aku juga sendiri kok. hihi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menonton Serial Upin Ipin

Bukan Rencanaku tapi rencana-Nya⁣ ⁣