Empat Pokok Penting untuk Guru dan Sekolah #pembinaan


Senin, 9 Desember 2019
Pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB
Ruang kelas XII OTP 2019/2020
Pemateri : Ketua Yayasan, Bendahara, dan Sekbid Pendidikan.

Masa tes semester gasal sudah dilalui, ini saatnya proses koreksi dan remidi. Disela-sela remidi, sekolah mengadakan sedikit diskusi untuk menyegarkan otak dan hati. Dihadirkan pemateri yang ahli dan pandai mengembangkan situasi kondisi masa kini.
Secara garis besar materi terdiri dari :
  1. Literasi
  2. Kemampuan 4C
  3. High Order Thinking Skill (HOTS)
  4. Pendidikan Penguatan Karakter (PPK)

Oke mari masuk ke pembahasan tiap poinnya.
  • Literasi . Literasi merupakan kemampuan berbahasa yang meliputi mendengar, melihat, menghitung, dan berbicara. Literasi bukan sekedar kemampuan membaca, tapi lebih luas dari itu. Sebenarnya, K13 sudah dirancang sedemikian rupa sehingga literasi tetap diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Secara tertulis dapat kita jumpai yaitu Mengamati, Mengumpulkan informasi, Menanya, Mengasosiasi, Mengkomunikasikan, dan Mengkreasikan. Contohnya dapat berupa pemberian tugas resume pada anak. Contoh yang lain yaitu guru menyampaikan materi yang harus dipelajari untuk pertemuan selanjutnya.
  • Kemampuan 4C. Critical, creative, collaboration, communication. Empat kemampuan ini merupakan modal untuk menjalani abad 21. Kemampuan yang harus ditekankan oleh guru pada para siswanya.
  • High Order Thinking Skill (HOTS). Dalam pembuatan soal, terdapat spesifikasi ranah kognitif mulai dari C1 sampai dengan C6. Kategori HOTS terdapat pada ranah C4 (Analisis), C5 (Sintesis), dan C6 (Kreasi). Bagi guru yang masih menggunakan ranah kognitif c1 sampai c3, dianjurkan untuk memulai menggunakan HOTS c4 sampai dengan c6.
  • Pendidikan Penguatan Karakter (PPK). Dapat disingkat NKRI-GO yaitu Nasionalis, Kemandirian, Religious, Integritas, dan Gotong Royong. Karakter yang harus dimiliki siswa dan dikembangkan. Hal yang menjadi sorotan disini adalah integritas. 
  • Integritas meliputi komitmen, kejujuran, dapat dipercaya, disiplin, etos kerja yang bagus, bisa bekerja dala tim, dan selalu berkonsultasi pada atasan. Secara istilah, integritas berarti konsistensi dalam tindakan, nilai, sikap, dapat berupa kedisiplinan, jujur, dan tanggung jawab. Dapat pula diartikan sebagai Kepribadian bertekad menjadi baik dalam perkataan dan perbuatan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Balik Nama Kendaraan di Samsat Jepara

Menonton Serial Upin Ipin

Bukan Rencanaku tapi rencana-Nya⁣ ⁣